Headlines News :
Home » , » Lumpuh 4 Jam, Jalur Kereta Cirebon-Purwokerto

Lumpuh 4 Jam, Jalur Kereta Cirebon-Purwokerto

Written By abah lc on Sunday, March 4, 2012 | 12:31 AM

BREBES - Perjalanan Kereta Api (KA) di jalur Cirebon-Purwokerto lumpuh selama 4 jam, setelah salah satu rangkaian gerbong Ka Senja Utama dari Yogyakarta menuju Jakarta anjlok di wilayah Talok Kecamatan Bumiayu, Brebes, Sabtu (3/3) pukul 22.30.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun demikian, sejumlah perjalanan Ka tertahan di beberapa stasiun. Kereta kelas bisnis itu mulai anjlok saat melewati Stasiun Bumiayu. Namun demikian kereta terus melaju sebelumnya akhirnya berhenti di kilometer 311 atau sekitar 1 kilometer dari Stasiun Bumiayu.

Sebelum kereta itu anjlok, sejumlah pedagang di Stasiun Bumiayu mengaku melihat percikan api dibawah gerbong. Mardi (35) penumpang di gerbong 3, menyatakan selain merasakan guncangan, gerbong juga dipenuhi asap. "Seluruh penumpang panik. Tapi Syukur alhamdulillah semua selamat," kata dia.

Menyusul kejadian itu, PT KAI DAOP V Purwokerto langsung melakukan penanganan. Proses evakuasi gerbong yang anjlok cukup memakan waktu lama karena harus menunggu peralatan yang didatangkan dari Purwokerto. Sejumlah aparat kepolisian yang dipimpin langsung Kapolsek Bumiayu AKP Sukoyo juga terlihat guna mengamankan lokasi kejadian. Perjalanan kereta kembali normal setelah proses evakuasi selesai pukul 02.30 (Minggu, 4/3).

Humas PT DAOP V Surono menjelaskan kereta mengalami anjlok setelah as depan pada gerbong ke tiga bergeser. "Seluruh penumpang selamat," tegasnya.

Adapun mengenai penyebab kejadian, menurutnya masih dalam penyelidikan. Diakui, kejadian tersebut mengakibatkan sejumlah perjalanan kereta lainnya tertahan. Diantaranya, Ka Bengawan tertahan di Stasiun Kretek, Ka Kutojaya dan Ka Senja Utama Solo tertahan di Stasiun Patuguran.

Sedangkan Ka Taksaka dan Bima tertahan di Stasiun Purwokerto. Surono juga memastikan jalur tersebut aman dilintasi kereta "Memang ada bagian rel yang rusak, tapi itu sudah ditangani," imbuhnya.

Read more: http://koranwawasan. blogspot. com/
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. purwokerto dan sekitarnya - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger